Kamis, 22 Mei 2014

Digaji Rp 311,9 Miliar Setahun, Messi Ungguli Ronaldo

Barcelona menyetujui kontrak baru bagi Lionel Messi dan menaikkan gajinya mencapai Rp 311,9 miliar setahun. Foto Getty Images




BARCELONA - Mengakhiri musim tanpa memberi Barcelona gelar La Liga, tidak membuat Lionel Messi kecewa berkepanjangan. Teka-teki untuk masa depannya sudah mendapatkan jawaban yang memuaskan. Pihak Barcelona setuju memberinya kontrak baru.
Makin nyaman bagi Messi, klub asal Catalan itu menaikkan nilai gajinya. Kabarnya, nilai gaji dalam kontrak baru tersebut kembali membuatnya mengungguli Cristiano Ronaldo sebagai pemain bergaji tertinggi sejagad. Media-media di Spanyol dan Inggris menyebut gaji anyar Messi mencapai GBP 16,3 juta (Rp 311,9 miliar) per tahun.
Sodoran kontrak kali ini merupakan yang ketujuh bagi Messi dalam sebelas tahun terakhir. Kontrak baru itu disebut tak memperpanjang durasi kontrak yang sedang berjalan saat ini. Artinya, Messi masih memiliki kontrak selama empat tahun mendatang atau berakhir pada akhir musim 2018.
"FC Barcelona telah mencapai kesepakatan penyesuaian kontrak Leo Messi terhadap klub sebagai pemain tim utama. Kontrak yang sudah direvisi dan diperbarui itu akan ditandatangani dalam beberapa hari ke depan," demikian pernyataan resmi dari Barcelona.
Hanya nilai gaji dan berbagai bonus yang dibahas saat Jorge Messi, ayah Messi, bertemu dengan dua pejabat Barcelona Javier Faus dan Antoni Rossich pekan lalu. Nilai GBP 16,3 juta tersebut hanya nilai gaji, belum berupa bonus lain-lain. Jika ditambah dengan bonus, Messi diperkirakan menerima GBP 20 juta (Rp 382, 7 miliar) dalam setahun.
Tapi, dengan nilai gaji yang disebutkan itu, Messi sudah melampaui yang didapatkan Ronaldo. Kontrak terbaru Ronaldo bersama Real Madrid menyebutkan besaran gaji senilai GBP 15 juta (Rp 287 miliar) per tahun. Perbandingan lainnya, pemain bergaji tertinggi di Premier League Wayne Rooney menerima GBP 15,6 juta (Rp 298,5 miliar) per tahun termasuk berbagai bonus.
Perbaruan kontrak untuk Messi tersebut semakin menjamin posisi Messi di Barcelona. Kapten tim nasional Argentina itu belakangan santer diberitakan mendapatkan penawaran dari dua klub kaya pemegang gelar juara di masing-maasing negara, Manchester City di Inggris dan Paris Saint-Germain (PSG) dari Prancis.
Tanpa kontrak baru itu pun sebenarnya sulit membayangkan Messi hengkang dari Barca dalam waktu dekat. Itu tak lepas dari klausul pelepasan yang ada dalam kontrak terdahulu Messi dan masih akan berlaku. Yaitu, Messi bisa lepas dengan harga GBP 250 juta (Rp 4,78 triliun). Dengan harga setinggi itu, klub-klub peminat masih harus berbenturan dengan regulasi Financial Fair Play yang ditetapkan oleh UEFA.(ady)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar